Posted by : Unknown Jumat, 09 September 2016

6 Manfaat Sawi Hijau


Sayuran dibutuhkan manusia untuk beberapa macam manfaat, Kandungan vitamin , karbohidrat, dan mineral pada sayur tidak dapat disubtistusi dengan makan pokok lainnya. Berbagai jenis sayuran tentunya memiliki cita dan rasa yang khas tersendiri. Salah satu sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah sawi hijau. 

gambar 1. Sawi hijau yang telah di panen
Menurut Zulkarnain (2010), sawi hijau digolongkan kedalam sayuran daun karena didasarkan pada bagian sayuran yang dikonsumsinya adalah pada bagian daunnya. Ditinjau dari pemanfaatnnya di masyarakat, sawi hijau tergologong dalam sayuran yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi bersamaan dengan sayuran lainnya seperti kubis dan brokoli. Selain itu tanaman ini juga mengandung mineral, vitamin, protein, dan kalori. Tanaman sawi ini menjadi komoditas sayuran yang cukup populer di Indonesia. 

Di Indonesia, sawi di olah dengan cara menumisnya. Tumisan ini dicampurkan dengan beberapa bahan makanan lainnya sehingga menjadikan makanan tersebut sebagai salah satu menu yang ada di meja makan kita. Pencampuran sawi hijau dengan makanan lainnya akan memberikan cita rasa yang khas bagi sawi hijau. Selain rasanya yang enak, sawi hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
gambar 2. Sawi hijau yang siap di olah
Manfaat Sawi hijau adalah sebagai berikut :
1. Mengontorol diabetes.
Manfaat sawi hijau sebagai antioksidan disebabkan karena adanya alpha-lopoic acid, yang terbukti dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain mengontrol diabetes dalam darah, sawi juga bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas insulin  dan mencegah oksidatif stress yang di sebabkan oleh adanya perubahan pada pasien diabetes. 

2. Memperkuat tulang
Manfaat sawi hijau dalam menjaga kesehatan tulang karena adanya asupan vitamin k yang berasal dari tanaman tersebut. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi terjadinya ekskresi kalsium. Hal inilah yang akan mengubah protein matriks tulang menjadi semakin baik.

3. Mencegah terjadinya kanker
Manfaat sawi dalam mencegah terjadinya kanker karena kandungan klorofil yang dimilikinya. Sawi memiliki kandungan senyawa glucosinolates yang memiliki kemampuan dalam menghambat proses perkembangan kanker. Selain senyawa tersebut, kandungan klorofil yang dikandungnya dapat memblokir efek karsiogenik dari makanan yang diolah melalui pemanggangan. Oleh karena itu, jika mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang sebaiknya diseimbangkan dnegan mengkonsumsi dengan sayuran yang banyak mengandung klorofil salah satunya adalah sawi hijau.

4. Meningkatkan kualitas tidur.
Manfaat sawi hijau dalam meningkatkan kualitas tidur karena adanya kandungan kolinnya. Kolin ini merupakan nutrisi yang penting untuk membantu menjadi kualitas tidur.

5. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat sawi hijau dalam menjaga kesehatan kulit karena memiliki kandungan berupa vitamin A yang bagun untuk kesahatn kulit. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh. Selain vitamin A, vitamin C dalam sawi juga dapat membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit.

6. Mencegah Anemia bagi ibu hamil
Manfaat sawi hijau dalam mencegah anemia pada ibu hamil karena adanya kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil. Asam folat ini membantu mengatasi anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil meningkat menjadi dua kali lipat hingga ibu tersebut menyusui. Selain bagi ibunya, asam folat yang dikandung sawi hijau juga memberikan manfaat dalam pembentukan otak pada janin sang ibu tersebut.

Meskipun manfaat sawi sangat beragam, perlu di waspadai bagi penderita ginjal karena tanaman sawi memiliki kandungan lain yang berbahaya bagi ginjal yatu kristal oksalat. Kandugan oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh sangat berpengaruh dalam pembentukan kristalisasi yang dapat berakibat pada pembentukan batu ginjal. Selain dapat membentuk batu ginjal, penumpukan ini juga dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Olahan Sawi Hijau
Salah satu olahan makanan yang dapat dinikmati dari dengan berbahan dasar sawi adalah Cake Sawi Hijau. Membuat kue ini memerlukan bahan-bahan berupa 5 butir telur, 250 gr gula pasir, 1 sdt ovalet, 200 gr tepung terigu serbaguna, 2 sachet susu kental manis, 1 ikat sawi hijau, 180 ml minyak sayur. Cara membuatnya yaitu mencuci sawi dengan menggunakan air mengalir kemudian sawi tersebut dipisahkan antara bagian tangkai dan daunnya dengan tujuan untuk memudahkan dalam memblender sawi tersebut. Pada saat diblender sawi dicampurkan dengan minyak sayur.

Setelah dibelender, sawi tersebut di sisihkan. Pada saat bersamaan telur dikocok bersamaan dengan gula pasir hingga mengental. Setelah mengental, terigu yang disiapkan dimasukkan secara perlahan-lahan sambil diaduk hingga rata. Pada bagian akhir campuran sawi yang telah disisihkan dicampurkan bersamaan dengan telur yang telah dikocok tadi. aduk hingga tercampur merata. Adonan siap dipanggang hingga matang dengan menggunakan api kecil.

gambar 3. Kue sawi hijau


Sumber :
Repository Unhas, 2013.
Sri Puji, 2014.
Top Fitness Food, 2010.

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -