Posted by : Unknown Jumat, 26 Agustus 2016

8 Manfaat Buah Leci


Leci adalah buah yang lezat dan menyegarkan sehingga membuat buah ini menjadi cemilan bergizi yang sempurna untuk dikonsumsi sebagai cemilan sebelum atau selama anda berada dalam sesi latihan. Buah leci tersedia dalam bentuk segar, kering, ataupun dalam bentuk kalengan. Mengkonsumsi buah leci dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan memberi anda 15 % polifenol lebih tinggi dibandingkan dengan anggur dengan jumlah yang sama. Fungsi polifenol dapat memperkuat jantung. Buah leci memiliki kandungan gizi berupa vitamin B1, B2, C, tembaga hingga kalium.

Buah leci berasal dari provinsi Kwantung dan Fukein di Cina Selatan. Pada tahun 1873 tanaman ini menyebar hingga ke Indonesia. Awalnya buah leci yang masuk ke Indonesia belum terlalu populer. Namun setelah diketahui oleh banyak orang bahwa buah leci memiliki cita rasa yang unik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi maka beberapa orang mulai budidaya leci. Buah leci memiliki bebrapa istilalah lain seperti lichi, lichee, laichi atau lychee. Setelah banyak yang berhasil membudidayakan buah ini, buah ini diolah menjadi berbagai olahan makanan yang enak, segar dan menyehatkan.
Gambar 1. Buah Leci
www.loxecoliving.com

berikut adalah manfaat dari Leci

1. Melancarkan pencernaan
Buah leci memiliki serat dengan jumlah yang signifikan. Serat ini membantu usus melakukan gerakan peristaltik untuk mendorong makanan untuk melewati usus kecil. Selain itu adanya fungsi maksimal dalam penyerapan nutrisi.

2. Pencegahan kanker
Buah leci memiliki senyawa polifenol berupa proanthocyanidins yang memiliki fungsi lebih baik daripada vitamin C dalam menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan penderiaan. Radikal bebas adalah produk samping berbahaya dari hasil metabolisme seluletr yang dapat menyebabkan kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Sistem kekebalan tubuh
Adanya kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah leci dapat membuat buah ini memberikan manfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Memperbaiki kondisi tulang
Kandungan dalam buah leci berupa fosfor dan megnesium dapat memberikan fungsi yang maksimal terhadap kondisi kesehatan tulang. Selain itu, 
kandungan temabaga dan mangan dalam buah leci dapat memberikan manfaat dalam memperkuat kondisi tulang yang telah rapuh hingga memelihara kesehatan tulang.

5. Menjaga kesehatan jantung
Buah leci juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Buah leci memiliki kadar kalim yang sangat tinggi dapat berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah leci ini tekanan darah tinggi dapat diturunkan.

6. Mencegah terjadinya penuaan
Mengonsumsi buah leci dapat memberikan manfaat dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Buah ini membantu kulit dalam menjaga kesehatan kulit. Penuaan dini dapat terjadi karena padatnya aktivitas yang dilakukan dengan bersentuhan langsung dengan polusi udara, sinar UV, bahkan asap kendaraan bermotor. Banyaknya tantangan yang harus dihadapi dalam menjaga kesehatan kulit dapat teratasi dengan mengkonsumsi buah leci. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah leci yaitu thianin, niacin, dan tembaga. Ketiga nutrisi ini membantu metabolisme tubuh dalam meningkatkan metabolisme lemak dan protein untuk menjaga kesehatan kulit bahkan dapat mempercepat terjadinya penyembuhan akibat kecelakaan.

7. Menjaga kesehatan mata
Buah leci sebagai penangkal radikal bebas karena adanya kombinasi yang pas antara vitamin C dan E. antioksidan seperti vitamin C membantu mencegah degenerasi pada retina mata. Mengkonsumsi buah yang mengandung kombisasi vitamin C, vitamin E, beta karoten, seng, dan tembanga sangat baik bagi kesehatan mata karena dapat memberikan degenerasi pada makula mata.

8. Meningkatkan kesehatan otak
Selain menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin C dan E juga berperan dalam meningkatkan kemampuan otak. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah risat dari Archives of Neurology studi yang menyatakan bahwa kombinasi vitamin C dan E dapat mengurangi resiko Alzheimer sebanyak 64 %.

Selelah mengetahui manfaat dari buah leci salah satu cara yang paling banyak diminati dalam mengonsumsi buah leci adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Dengan menambahkan berbagai varian jus buah leci dapat dikreasikan sesuai minat dan siap untuk menikmatinya.

Referensi :
Top 100 Fitness Foods, 2010

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -