Posted by : Unknown Senin, 12 September 2016

6 MANFAAT MENTIMUN


Mentimun merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam dalam familia Cucurbitaceae (tanaman labu-labuan). Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat disukai oleh seluruh lapisan masyarakat. Mentimun mempunyai prospek yang cerah untuk masa depan jika dibudidayakan hal ini dikarenakan mentimun dapat dipasarkan di dalam negeri dan di luar negeri. Manfaat mentimun tentunya akan mendatangkan untung yang sangat berlimpah karena tanaman ini mudah untuk dibudidayakan. Namun terdapat kendala dakan produksi mentimun yaitu masih kurangnya pasokan yang masuk dipasaran karena kebiasaan masyarakat hanya menjadikan tanaman ini sebagai usaha sampingan diantara tanaman budidaya lainnya. 

gambar 1. Buah Mentimun
Berbagai usaha untuk meningkatkan hasil mentimun telah dilakukan oleh sebagian lapisan masyarakat diantaranya adalah memperbaiki teknik budidaya berupa penggunaan kadar pupuk sesuai dosis yang dianjurkan, penggunaan varietas yang unggul serta pengaturan jarak tanam. Penggunaan jarak tanam yang tepat merupakan salah satu faktor yang perlu dilakukan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sesuai dalam menunjang pertumbuhan dan hasil tanaman. Banyaknya kondisi lingkungan yang mendukung budidaya mentimun tidak lepas dari manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman tersebut. 

Pada saat diteliti kandungan gizinya, maka dalam 100 gram mentimun mengandung gula 1.67 g, karbohidrat 3.63 g, serat 0.5 g, riboflavin (vitamin B2) 0.033 g, niacin (vitamin B3) 0.098 mg, asam pantothenic (vitamin B5) 0.259 mg, thiamin (vitamin B1) 0.027 mg, vitamin B6 0.04 g, lemak 0.11 g, protein 0.65 g, vitamin C 2.8 g, asam folat (vitamin B9)7 ug, zat besi 0.28 mg, calcium 16 mg, magnesium 13 mg, fosfor 24 mg, zinc 0,2 mg dan potasium 147 mg.

Manfaat mentimun adalah sebagai berikut.
1. Menjaga kesehatan kulit.
Manfaat mentimun dalam menjaga kesehatan kulit tentunya disebabkan karena sifat diuretik yang dimilikinya, efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tingginya kandungan air pada mentimun dan adanya vitamin (A, B, dan C) serta mineral (magnesium, kalium, mangan dan silika) menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga memiliki asam askorbat dan asam caffeis yang dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi disekitar mata.

Gambar 2. Bagian Dalam Buah Mentimun
2. Mencegah terjadinya kanker
Banyak lapisan masyarakat yang telah mengetahui manfaat mentimun dalam mengatasi kanker karena kandungan yang terdapat didalamnya berupa lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol mampu menurunkan dan menghambat beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanrek prostat, kanker rahim, maupun kanker ovarium. Pada umumnya mentimun mengandung kukurbitasin yang mampu memberikan manfaat sebagai antikanker dan mencegah terjadinya tumor sejak dini.

3. Memperbaiki persendian
Pada bagian persendian yang terdapat pada tubuh kita, tentunya tidak terlepas dari makanan sehat yang dikonsumsi setiap harinya. Makanan yang mengandung silika secara alami dapat memperkuat jaringan ikat pada persendian. Salah satu makanan yang mengandung silika adalah mentimun sehingga mentimun ini sangat cocok bagi orang yang mengalami masalah pada persendiaannya. Selain persendian, silika ini juga memiliki fungsi dalam memelihara kesehatan kuku baik kuku pada jari-jari kaki maupun pada jari-jari tangan.

4. Mengatasi masalah cacingan pada anak
Mentimun dipakai sebagai obat cacingan pada anak karena adanya zat hipoxanti yang dikandungnnya. Sehingga mentimun sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah cacingan yang sering terjadi pada anak-anak.

5. Mengatasi masalah hipertensi
Menurut beberapa ahli, mentimun memiliki manfaat dalam mengatasi hipertensi karena adanya kandungan mineral berupa potasium, magnesium, fosfor bersifat diuretik dengan kandungan air yang tinggi sehingga dapat memberikan solusi bagi penderita hipertensi. Kondisi ini tentunya harus didukung dengan rutinitas dalam mengonsumsi jus mentimun selama 3 hari. 

6. Pakan Ternak.
Buah mentimun yang banyak masuk dipasaran tentunya harus memiliki kondisi yang baik agar dapat dibeli oleh konsumen, Namun tidak selamanya buah mentimun tersebut dapat bertahan lama di pasaran karena kondisi dari buah tersebut mengalami kondisi yang semakin memburuk jika tidak segera dikonsumsi. Meskipun demikian mentimun yang memiliki kondisi yang sudah rusak masih dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang sedang menjalankan bisnis dalam beternak cacing tanah. Mentimun ini sangat cocok untuk dijadikan pakan cacing tanah karena kondisi buah yang memiliki kandungan air yang tinggi dapat menjaga kelangsungan hidup dari budidaya cacing tanah tersebut.
Gambar 3. Jus Mentimun

Salah satu olahan mentimun yang menyegarkan adalah Punch Mentimun Lemon.
Bahan yang diperlukan ;
* 200 g metimun
* 2 sdm air lemon
* 4 sdm gula pasir
* 200 g es batu
Cara membuat minuman ini sangatlah mudah yaitu mentimun yang telah dibersihkan dari kulitnya diblender bersamaan dengan bahan lainnya. Semua bahan di blender hingga nampak halus dan lembut. Sajikan minuman ini selagi masih dingin.

Sumber :
Akademik Perawat Pamenang Kediri, 2011.
Jendela Kita, 2013.
Repositori Unversitas Hasanuddin, 2015.
Resep Minuman Segar, 2015.



- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -