Posted by : Unknown Rabu, 14 September 2016

MANFAAT TOMAT


Gambar 1. Tomat yang siap panen
Tanaman tomat termasuk tanaman sayuran yang sudah dikenal sejak dahulu. Tomat memiliki peranan penting dalam pemenuhan gizi masyarakat sudah sejak lama. Tanaman tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh di semua tempat dari daratan rendah sampai daratan tinggi. meskipun demikian, tanaman tomat tidak akan tumbuh maksimal apabila kondisi tanahnya becek karena dapat menjadikan akar tanaman ini menjadi busuk dan tidak mampu menyerap unsur-unsur hara dari dalam tanah karena sirkulasi udara dalam tanah tidak baik dan akan mengakibatkan tamaman ini mati.


Tanaman tomat merupakan salah satu komoditas sayuran penting dan sangat potensial untuk dikembangkan. Berbagai usaha untuk mencapai hasil yang tinggi diperlukan beberapa perhatian terhadap teknik budidaya tanaman ini. Hasil budidaya yang menjanjikan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Namun kehidupan sehari-hari konsumsi tomat  masih sangat minim dan masih sangat minim yang menjadikannya sebagai kebutuhan yang penting bagi kesehatan masyarakat. Selain itu, pemanfaatannya juga masih sederhana dan tanpa pengetahuan pengolahan yang tepat terhadap tomat sehingga diperoleh hasil kandungan tomat yang tidak optimal. Selama ini pemakaannya hanya sebatas dimakan secara langsung sebagai lalapan dan sayuran, belum melalui pengolahan yang baik dan tepat.

Kandungan senyawa dalam buah tomat diantaranya adalah solanin, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, protein, lemak, vitamin, mineral dan histamin. Berdasarkan kandungannya tomat memiliki beberapa manfaat yaitu :

1. Obat diare
Manfaat tomat sebagai obat diare karena adanya kandungan likopen yang terkandung didalamnya. Likopen merupakan salah satu kandung kimia yang paling banyak ditemukan dalam tomat. Pada 100 gram tomat terdapat likopen sebanyak 3-5 mg. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen memiliki aktivitas antioksidan yang poten dalam mengatasi diare.

2. Pengempuk daging
Banyak yang tidak menyangka bahwa salah satu manfaat tomat adalah mengempukkan daging. Tomat mengandung beberapa jenis asam yang dapat masuk dan meresap ke daging. Asam tersebut akan mengikat kolagen yang terdapat dalam daging sehingga akan terasa empuk setelah diolah.

3. Mengatasi masalah pada wajah
Banyaknya masalah yang terdapat pada wajah akan menjadikan kurang percaya diri sehingga tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Masalah pada wajah seperti pori-pori yang besar, kulit berminyak, berjerawat, komedo, serta kulit kusam. Semua masalah pada wajah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan jus tomat sebagai masker karena dalam buah tomat terkandung lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan, menghambat terjadinya penuaan dini serta membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Menikmati jus tomat dapat mendatangkan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena terkandung vitamin C. Selain vitamin C, buah tomat juga mengandung potasium. Potasium ini merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan unsur potasium dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan

5. Menjaga kesehatan jantung
Memanfaatkan tomat sangat berguna dalam mengatasi permasalahan kolesterol jahat dalam tubuh. Pada jus tomat yang telah dibuat terdapat kandungan niacin yang mampu mengontrol dan bahkan dapat menghilangkan kadar kolestrol jahat tersebut dari tubuh. Kandungan vitamin B6 mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah. Selain itu, kondisi tekanan darah yang tinggi dapat dinetralkan oleh kadar potasium yang terkandung oleh buah tomat. Adanya ketiga kandungan ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Mengontrol berat badan
Secara umum banyak orang yang telah memanfaatkan buah sebagai pilihan utama dalam mengontrol berat badannya. Buah tomat merupakan salah satu buah yang memiliki jumlah kalori yang rendah dan mampu membuat terasa kenyang hingga mengeluarkan berbagai jenis racun dalam tubuh. Oleh karena itu bauh tomat sangat cocok untuk mengontrol berat badan

7. Pakan ternak cacing
Gambar 2. Tomat yang rusak
Buah tomat yang sangat berlimpah di pasaran tentunya harus di manfaatkan secepat dan seefektif mungkin karena buah tomat tergolong buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi hingga sangat mumungkinkan buah ini cepat mengalami perubahan fisik (busuk). Buah tomat yang busuk selama ini hanya di tampung begitu saja hingga diangkut oleh petugas kebersihan. Namun, buah tomat yang busuk tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai pakan dalam menjalankan bisnis budidaya cacing tanah karena dalam menjalankan budidaya ini diperlukan pakan yang memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Gambar 3. Jus tomat
Salah satu cara menikmati buah tomat adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Jus buah tomat ini sangat mudah untuk dibuat karena bahan-bahan yang dibutuhkan semuanya tersedia didapur kita. Adapun bahan yang diperlukan yaitu :
- 100 gram buah tomat
- 50 gram es batu
- 1 buah apel
- 2 sdt gula halus
cara pengolahannya sama dengan membuat jus pada umumnya yaitu mencuci semua bahan dengan menggunakan air yang mengalir kemudian mencampurkan semua bahan yang disiap untuk di blender. Buah apel dapat juga diganti dengan buah yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing.


sumber :
Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, 2016.
Nadia Yuniado, 2016.
Top Fitness Food, 2010.

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -