Posted by : Unknown Minggu, 14 Februari 2016

MANFAAT BELIMBING BINTANG

Dalam bahasa Inggris, belimbing disebut dengan star fruit (menunjuk pada bentuknya yang berbentuk bintang). Namun, buah ini juga dikenal sebagai star apple atau carambola. Belimbing adalah buah yang dapat dimakan seluruh bagianya, termasuk bijinya yang kecil dan lembut yang ada di dalamnya, demikian pula dengan bagian luar yang dapat dimakan setelah dicuci. Buah belimbing berwarna kuning kehijaun. Buah ini memiliki penampang yang berbentuk bintang dan memiliki rasa manis dan sedikit asam karena mengandung vitamin C.
gambar 1. jus belimbing bintang
sumber : www.tripadvisor.com

Belimbing manis memiliki efek farmatologis anti radang usus, anri radang rematik, peluruh liur dan pelembut kulit. Efek farmakologis ini merupakan disebabkan oleh gabungan dari beberapa senyawa kimia yang terkandung didalamnya seperti golongan senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi serta vitamin A, B1, dan vitamin C. Bagian buah secara empiris dapat dimanfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolestrol darah, memperlancar pencernaan, obat batuk, radang usus. Radang usus

Berikut ini beberapa fakta tentang Belimbing Bintang.
1. Buah Belimbing Bintang berasal dari Sri langka
2. Buah ini dipanen ketika hijau, dan secara bertahap warnanya akan berubah menjadi kuning cerah, kemudian akan terjadi kerusakan berupa munculnya garis coklat ketika disimpan. Hal tersebut merupakan tanda bahwa buah tersebut benar-benar masak. Meskipun terlihat tidak cantik, tetapi mempengaruhi buah dan kandungan gizinya.
3. Bagi yang memiliki gangguan atau bermasalah dengan ginjalnya, sebaiknya menghindari belimbing karena buah ini mengandung asam oksalat.
4. Belimbing manis atau banyak juga yang mengenalnya dengan sebutan belimbing bintang memiliki kandung air yang cukup tinggi sehingga banyak yang menjadikan buah ini sebagai wine buah.  
5. Dalam dunia pengobatan China, belimbing terkenal karena properti diuretik yang dimilikinya.
6. Di Filipina, belimbing dimakan dengan cara mencocolkannya ke garam kemudian dimakan.

Berdasarkan kandungan gizinya, belimbing merupakan sumber beta-karoten , antioksidan yang ampuh dalam mengantisipasi serangan penyakit. Belimbing pun dilengkapi dengan vitamin C yang cukup tinggi dan sangat berguna bagi para atlet karena tubuh melepaskan hormon pencetus stres atau adrenalin selama latihan berat. Hal tersebut sementara dapat menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat menetralkan hal tersebut karena meningkatnya level antioksidan dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah belimbing ini juga dimanfaat untuk mengatasi penyakit dalam seperti radang tenggorokan dan sariawan

gambar 2 : buah belimbing yang telah di olah
sumber : www. ourbelizevacation.com
Buah belimbing manis ini memiliki kadar kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah hipertensi. Hipertensi merupakan sebuah penyakit kardiovaskuler yang memberikan komplikasi yang sangat fatal. Pemanfaatan belimbing  ini sangat membantu mengatasi hipertensi ini. Selain itu, Belimbing bintang ini juga mengandung kalium yang memiliki efek diuretik ringan sehingga membantu dalam pembuangan cairan yang berlebihan dalam tubuh.

Berdasarkan pemanfaatan secara empiris, belimbing manis ini mampu mengobati radang usus yang disebabkan oleh bakteri. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa buah belimbing manis memiliki senyawa flavonoid. Senyawa ini mempu menghambat pertumbuhan bakteri Eschericia coli dan Staphylococus aureus penyebab terjadinya radang usus.

Salah satu hal yang perlu diingat bagi penderita yang memiliki kondisi ginjal yang bermasalah sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini karena belimbing buah mengandung asam oksalat. Asam ini memiliki konsentrasi yang sangat tinggi sehingga tidak aman bagi kesehatan ginjal.


referensi ;

- Jurusan Kimia Universitas Udanaya, 2009.
- Top Fitnes food, 2010

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -