Posted by : Unknown Jumat, 03 April 2015

Sekilas mengenai kemangi dan manfaatnya



Kemangi merupakan tumbuhan yang dikenal masyarakat sebagai pelengkap makanan yang dijadikan lalapan. Tumbuhan yang termasuk dalam familia Lamiaceae memiliki aroma yang khas. Tanaman kemangi ini banyak di manfaatkan oleh masyarakat kerena kandungan minyak atsiri yang memiliki banyak kegunaan bagi masyarakat. Tumbuhan kemangi dapat berkembang sangat baik pada daerah yang memiliki pencahayaan matahari yang panjang dan kering namun sangat sensitif terhadap iklim yang dingin.

gambar 1 : Tanaman Kemangi yang muda
sumber : plantliving.com
Kemangi merupakan tumbuhan terna yang memilki tinggi yang dapat mencapai 1,5 m. Secara morfologi, kemangi memiliki bentuk perakaran yang berwarna putih kotor dan berupa akar tunggang. Bentuk batangnya yang segiempat, bercabang, berwarna hijau apabila masih muda dan akan berubah warna menjadi warna coklat. Pada batang kemangi terdapat bulu halus yang berwarna hijau. Helaian daun berbentuk bulat telur, ujungnya tumpul serta tampak bergelombang. Bunganya berbentuk bulit warna putih dan merah mudah. Bijinya bila kena air  menggelembung seperti agar-agar.

Kemangi di manfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbaga macam penyakit. Penggunaan obat tradisional kemangi ini sudah mulai diminati oleh masyarakat karena harganya relatif lebih murah dan efek samping yang dihasilkannya sangat kecil dibandingkan dengan penggunaan obat kimia.

Kemangi banyak diminati oleh masyarakat karena memberikan rasa yang menyegarkan serta dapat menghilangkan bau badan dan  bau mulut. Selain itu dapat pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Tanaman kemangi mengandung minyak atsiri yang berupa methilen alkohol, sineol, eugenol, thymol, nerol. Kandungan yang lain dari kemangi yaitu karvakrol, asam ursolat, asam askorbat, kampene, betakaroten, tannin, terpinool, xilose, aldehida, alkaloida, flavonoida, asam lemak seperti oleat, palmiat, dan asam stearat, glikosida, arginin, serta boron.

Ekstrak daun kemangi di ketahui memili efek antioksidan , antitiroid, antimikotik, antibakteri dan anti stress. Efek dari daun kemangi juga menunjukkan efek yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas serta menekan kehadiran bahan-bahan kimia yang bersifat karsiogenik. Ekstrak daun kemangi juga mempunyai stimulator yang dapat mempengaruhi jalur fisiologis dengan pengeluaran hormon insulin yang mendasari tindak antidiabetik. Apabila dikombinasikan dengan vitamin E, kemangi dapat menunjukkan perubahan peningkatan dalam penanganan antidiabetes.

Kemangi juga mengandung betacaroten yang sangat baik untuk merespon antibody yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. selain utnuk kekabalan tubuh zat ini juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

gambar 2 : Tanaman kemangi yang sudah tua
sumber : motherearthliving.com
Manfaat kemangi bagian daun dapat digunakan untuk obat demam, batuk, salesma, encok, urat syaraf, badan lesu, panas dalam, sariawan, peluruh gas perut, peluruh haid, peluruh ASI, serta ejakulasi premature. Pada bagian biji digunakan untuk mengatasi jantung mengipas, sembelit, kencing nanah, penyakit mata, peluruh kencing, perut kembung, peluruh keringat, serta dapat dijadikan sebagai obat penenang. Pada bagian ini juga terdapat khasiat yang memberikan rasa tenang sehingga dapat mengurangi keadaan gelisah, susah tidur, bahkan perasaan sering gugup. Manfaat biji kemangi juga memberikan efek farmakologi merangsang penyepan, melancarkan sirkulasi darahdan menghilangkan rasa sakit.

Pemanfaatan kemangi untuk semua bagian tumbuhannya dimanfaatkan sebagai pewangi, disentri, obat perangsang, dan demam. Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak peneliti yang mengetahi manfaat kemangi sebagai obat karena kandungan yang dimiliki berkhasiat sebagai anticarcinogenik, anthelmintic, antiseptikantirematik antistress dan antibakteri.

Menurut peneltian Anandini Nidya, Kemangi memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit kandidiasis vulvovaginalis. Penyakit disebabkan oleh pertumbuhan Candida sp. Penyakit ini menyerang genital wanita yang menyebabkan terjadinya keluhan dan perasaan tidak nyaman pada wanita. Melalui penelitian itu menyebutkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat menghambat pertumbuhan Candida sp. 

Selain dijadikan sebagai obat, tentunya masyarakat lebih banyak mengenal kemangi sebagai bagian dari kuliner karena mampu meningkatkan selera makan serta memiliki sensasi yang unik pada berbagai kuliner yang sedang dinikmati.




referensi :
Fak. Farmasi Univ. Andalas, 2010.
Top Fitnes Food, 2010
Unismu Surakarta, 2010.

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -