Posted by : Unknown Jumat, 03 April 2015

Sekilas mengenai daun sirih dan manfaatnya


Daun sirih memiliki nama ilmiah Piper betle. Sirih merupakan tanaman merambat hingga mencapai 15 meter. Batang sirih dewasa berwarna coklat kehijauan berbentuk bulat, beruasm dan merupakan tempat keluarnya akar. Daun yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Permukaan daunnya berwarna hijau dan licin. Serta permukaan batangnya berwarna hijau kecokelatan dengan permukaan kulit kayu yang kasar dan berkerut. Tanaman sirih dapat diperbanyak dengan cara stek maupun menanam hasil pencangkokan. Tanaman sirih ini ditanam untuk melengkapi kebutuhan tanaman obat keluarga.


gambar 1. Daun Sirih yang sudah tua
sumber : www. flickr.com
Daun sirih hijau mengandung minyak atsiri yang terdiri dari komponen bethel penol. Mengandung asam amino. kalsium, fosfor, besi, karoten, tamin, riboflofin, tanin, asam nikotinat, vitamin C, yodium, kalium nitrit, kanji serta gula non reduksi. Berdasarkan kandungan kimia yang terkandung didalamnya tanaman sirih memiliki banyak manfaat.Tanaman sirih merupakan tanaman obat tradisional yang banyak memberikan manfaat. Manfaat daun sirih adalah sebagai berikut ;

1. Meredakan batuk.
Batuk merupakan sebuah respon alami yang dilakukan oleh tubuh dalam mengatasi msalah lendir atau beberapa penyebab iritasi seperti debu maupun asap sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh. Batuk juga dapat disebabkan oleh penyakit gastroesofagus karena adanya iritasi pada saluran pernapasan dan tingginya kontraksi asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Batuk ini dapat diatasi dengan meminum ramuan yang terbuat dari daun sirih dengan cara merebus 10 lembar daun sirih yang sudah tua ke dalam 3 gelas air hingga mendidih dan menjadi 1 gelas. Hal ini bertujuan dalam mengefektifkan fungsi kalvikol yang terdapat dalam daun sirih. Kavikol ini memiliki daya yang dapat mematikan kuman serta memiliki fungsi sebagai antioksidan dan fungsida sehingga mampu memperlancar pengeluaran lendir yang menjadi penyebab terjadinya batuk.

2. Mengatasi permaslahan pada mulut
Tanaman ini dapat menjadi penghambat bakteri sehingga bakteri yang mulai menyerang dapat teratasi dengan daun sirih. Kuman yang berkembang dengan baik dimulut disebabkan adanya sisa makanan. Sisa makanan ini memacu pertumbuhan bakteri untuk berkembang sehingga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Pemanfaatan daun sirih bukan merupkan hal yang baru. Hal ini disebabkan karena kandungan antiseptik yang dimiliki sehingga mampu menjadi tanaman obat bagi keluarga telah dilestarikan semenjak dahulu. Daun sirih memiliki kandungan aktivitas antimikroba terutama pada bakteri gigantivus dan bakteri pembentuk plak atau karies gigi. Kedua bakteri ini sangat banyak terdapat di alam bebas dan dapat menimbulkan banyak kerusakan baik berupa barang bangunan bahkan bahan makanan sekalipun

3. Mengobati luka
Selain dapat menghilangkan bau mulut dan sariawan, andanya kandungan atiseptik yang terdapat pada daun siri sangat bermanfaat untuk mengobati luka bagian luar.

4. Pelengkap pertemuan adat
Pada umumnya daun sirih di kenal melalui obat tradisional bahkan semenjak abad terdahulu telah digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Pada penggunaannya daun sirih dapat dijumpai di beberapa pertemuan adat. Pada masyarakat tradisional, umumnya telah mengetahui manfaat dari daun sirih sehingga banyak yang menjadikannya sebagai bahan pelengkap dalam pertemuan adat.

5. Meningkatkan gairah seksual.
Pengobatan tradisional pada beberapa daerah memanfaatkan daun sirih sebagai zat aromatik yang dapat menghangatkan tubuh, Kandungan ini juga mampu menjadikan daun sirih sebagai zat antiseptik bahkan dapat meningkatkan gairah seksual. Kandungan tannin yang terdapat pada daun sirih mampu mengeeksresikan cairan yang terdapat pada organ vital wanita. Kandungan eugenol pada daun sirih mampu membunuh jamur Candida albicains.  Mencegah terjadinya ejakulasi dini dan bersifat analgesik.

6. Merangsang sistem saraf.
Sirih juga memiliki manfaat dalam merangsan saraf pusat untuk memacu kecerdasan, meningkatkan gerakan peristaltik serta mengurangi reaksi cegukan yang terjadi.

7. Menghilankan bau badan
Jika dilakukan proses ekstraksi pada daun sirih, makan kita akan mendapatkan minyak atsiri. Kandungan yang dimiliki oleh minyak atsiri ini berupa kavikol dan belthaphenol. Adanya kandungan ini membuat daun sirih memiliki aroma dan bau yang khas, sedap, pedas, menyengat, tajam, dan merangsang. Kavikol dan belthaphenol merupakan kandungan terbesar yang dimiliki oleh minyak atsiri pada daun sirih. Zat kavikol inilah yang memberikan bau yang khas pada daun sirih dan mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri hingga lima kali lipat di bandingkan dengan phenol yang biasanya.


gambar 2. Struktur kimia dari kandungan daun sirih
sumber : slideshere.her.
8.Pestisida nabati
Selain dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, daun sirih juga di manfaatkan oleh petani dalam mengatasi masalah yang tedapat dalam lahan pertaniannya. Larutan daun sirih yang digunakan oleh petani ini mengefektifkan fungsi dari fenol dan kavikol dari sirih sebagai pestisida nabati. Pestisida nabati ini mencegah munculnya hama pengisap cairan pada tanaman. Tentunya keberadaan larutan pestisida nabati ini sangat membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai kendala dalam bidang pertaniannya. 

Referensi :
Repository, Univ. Sumatra Utara, 2010
Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta, 2013
Top Fitnes Food, 2010





- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -