Posted by : Unknown Rabu, 17 Februari 2016

ZAITUN MEMILIKI MANFAAT KESEHATAN BAGI MEREKA YANG INGIN TUBUHNYA SELALU BUGAR


Zaitun merupakan tanaman yang berbentuk pohon atau perdu yang dapat tumbuh pada daerah yang beriklim panas dan beriklim sedang. Zaitun memiliki batang yang keriput dan terpelintir, Memiliki buah yang berukuran 1 - 2 cm dan menyerupai batu. Ketika buah ini sudah tua, buahnya dapat dijadikan sebagai minyak. Zaitun berbuah setelah berumur lima tahun dan memiliki usia yang relatif panjang bahkan dapat mencapai ribuan tahun.
gambar 1 : buah zaitun yang siap dihidangkan
sumber : robbwalsh.com
Ada ratusan jenis varietas buah zaitun di dunia. Secara umum, arietas hitam merupakan jenis yang basah dan kaya akan cita rasa, sementara varietas hijau memiliki rasa yang lebih ringan dan netral. Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang zaitun yaitu:

1. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak kuliner yang paling sehat karena mengandung banyak sekali asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat bermanfaat untuk menjaga jantung agar tetap sehat.
2. Minyak zaitun tersedia dalam beberapa peringkat menurut derajat pemrosesan saat pembuatan minyak tersebu. Extra virgin merupakan pilihan terbaik karena paling banyak mengandung antioksidan.
3. Menyimpan buah dan minyak zaitun dalam wadah yang gelap dan tempat yang gelap untuk mencegah terjadinya oksidasi yang membahayakan akibat paparan cahaya.

Kandungan Gizi
Buah zaitun merupakan buah yang memiliki kandungan berupa Vitamin E, Vitamin K, beta-karoten, kalsium, tembaga, iodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, asam lemak esensial serta omega-9. Berkat adanya kandungan gizi ini zaitun memiliki banyak manfaat.

gambar 2 : minyak zaitun dan buahnya
sumber : learningleadderoliveoil.com

Manfaat dari minyak zaitun yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung karena zaitun merupakan salah satu buah terbaik yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang berperan penting untuk menurunkan kolestrol yang membahayakan kesehatan jantung. Kandungan vitamin E yang dimiliki oleh minyak zaitun berperan sebagai anti oksidan dan juga mengandung metil urat yang mencegah terjadinya penyempitan pembuhluh darah penyebab kolestrol. Minyak zaitun dapat juga dijadikan sebagai minyak untuk menggoreng karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Makanan yang di masak dengan minyak zaitun memiliki kanfungan fenol yang tinggi dan berfungsi bagi kesehatan jantung terutama dalam hal penyumbatan pembuluh darah bahkan dapat menurunkan tekanan darah.

Penurunan tekanan darah yang disebabkan adanya lemak tak jenuh yang ditemukan dalam buah zaitun. Asam oleic yang terdapat pada buah zaitun akan diserap oleh tubuh dan diedarkan ke dalam sel sehingga dapat merubah pola sinyal tingkat membrane sel. Perubahan pada tingkat membrane sel ini dapat menurunkan tekanan darah.

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah membantu memperbaiki persendian. Zaitun amat superior dalam kandungan vitamin E dan asam lemak omega-9. Keduanya memiliki properti anti inflamasi. Zaitun juga membantu melindungi persendian dari latihan yang keras. Sebagai bahan tambahan, asam lemak esensial yang terdapat dalam zaitun mampun menunjukkan kinerja dalam mempercepat laju pembuangan cadangan lemak yang tidak diinginkan oleh sel tubuh.

Kandungan asam lemak, vitamin E dan antioksidan yang terdapat pada zaitun memberikan manfaat dalam melembabkan, menghidrasi hingga melindungi sel kulit kita dari radiasi sinar matahari. Tentunya mengkonsumsi buah zaitun menjadikan kulit nampak sehat dan cerah bahkan dapat menghambat terjadinya kanker kulit dan penuaan yang prematur. Selain pada kulit, kandungan ini juga membatu mencegah terjadinya kanker usu dengan menetralisir radikal bebas yang telah terserap oleh tubuh. Berfungsinya minyak zaitun  tentunya memberikan dampak positif bagi penyakit maag. Hal ini disebabkan pengaktifan sekresi empedu dan hormon panckreas secara alami dapat menurunkan resiko terjadinya pembentukan batu empedu.

Zaitun telah diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, lemak ini dapat menggantikan lemak jenuh dan dapat memicu penurunan berat badan.  Selain minyaknya, buah zaitun juga memiliki manfaat setelah di konsumsi berupa pemencahan lemak pada sel-sel lemak, mencukupi kekurangan insintivitas insulin. Manfaat dari mengkonsumsi buah zaitun dalam jumlah yang banyak hanya menkonsumsi sedikit kalori dan jarangmengalami kelebihan berat badan. Meningkatnya serotin setelah mengkonsumsi buah zaitun dapat memacu hormon untuk memberikan perasaan kenyang dan dapat mengurangi kadar kalori hingga 200 kalori perhari.


Referensi :
- Berita Islam Terkini, 2014
- Top Fitness Foods, 2010

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Buah Zaitun memang sangat banyak manfaatnya bahakan Allah menyebutkan buah zaitun dalam kitabnya

    silahkan dibaca juga

    http://warisanislami.blogspot.co.id/

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -