Posted by : Unknown Jumat, 26 Februari 2016

CITA RASA GURIH DARI ALPUKAT MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT


gambar 1 : buah alpukat yang masih dipohon
www.agric.wagov.au
Kata Alpukat atau "avocado" berasal dari kata dalam bahasa Spanyol, palta, yang merupakan turunan dari bahasa Nahuatl (Aztec), ahuacatl, yang berarti testis atau buah pelir, karena bentuknya yang merip testis. Bangsa Aztec menganggapnya sebagai "buah untuk fertilisasi" Berdasarkan sejarahnya, buha alpukat semula dipandang sebagai buah stimulan seksual. Akibatnya, buah ini tidak dikonsumsi oleh masyarakat untuk menghindari cap buruk ini. setelah kurun waktu yang lama dari hasil-hasil penelitan para Ilmuan, akhirnya buah ini dibudidayakan hingga dapat diterima oleh masyarakat luas.

Tanaman alpukat memiliki kurang lebih 17 varietas. Varietas alpukat yang cukup populer di pasaran adalah alpukat mentega, alpukat hijau panjang, dan alpukat hijau bundar. Varietas alpukat unggul memiliki ciri-ciri seperti memiliki produksi buah yang tinggi, toleransi terhadap hama dan penyakit. selain itu, kualitas daging buah yang baik dan tidak berserat menjadikan buah ini banyak digemari dipasaran.

Buah dengan cita rasa gurih dengan tekstur daging buah yang halus mirip mentega merupakan bahan makanan yang enak disantap karena berkadar lemak tinggi. Hal ini sering menjadi kekhawatiran masyarakat yang akan mengkonsumsinya. Kadar lemak yang terkandung dalam buah alpukat berbeda dengan lemak hewani. karena kandungan lemak buah alpukat didominasi oleh asam lemak tidak jenuh. Alpukat merupakan sumber MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) omega 9. Pada beberapa penelitian alpukat bahkan dapat menurunkan kadar kolestrol jika diberikan sebagai nutrisi makanan lemak jenuh yang berasal dari hewan.

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat dan mengandung 20 vitamin, mineral dan fitonutrien. Alpukan termasuk salah satu jenis makanan super yang diperlukan oleh siapa pun yang menginginkan tubuhnya tetap bugar. Alpukat mengandung lebih banyak protein dibanding dengan buah lainnya sehingga buah ini dapat dikonsumsi untuk memperkuat daya ingat dan meningkatkan kekuatan tubuh.

gambar 2: buah alpukat yang sudah dibela
www.specialitiproduce.com
Mengkonsumsi satu buah alpukat dapat memenuhi setengah asupan kebutuhan harian vitamin B6. Vitamin B6 merupakan vitamin yang esensial untuk membantu tubuh melepaskan energi dari makanan. Mengkonsumsi buah alpukat segar  memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita karena buah alpukat mengandung caratenoid lutein, merupakan suatu antioksidan yang berfungsi dalam memelihara mata terutama usia lanjut dan bekerja mempengaruhi jalur sinyal multipel dan menangkap oksigen reaktif dalam sel sehingga menyebabkan kematian sel-sel prakanker dan tidak merugikan sel-sel normal. Selain itu, kandungan beta sitosterol dapat menjaga kadar kolestrol. Kandungan ini merupakan suatu sterol alamiah yang berasal dari tumbuhan. 

Daging buah alpukat dapat mencegah terjadinya serangan penyakit arterisklerosis, penyakit jantung bahkan stroke. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak sehat yaitu omega 9-oleat yang dapat mempengaruhi ketersedian kolesterol dalam darah. Ketersesiaan kolesterol dalam darah di dalam tubuh dipengaruhi oleh asam lemak dengan cara menurunkankan asam lemak yang berbahaya (Low Density Lipoprotein) dan membantu meningkatkan asam lemak yang baik (High Density Lipoprotein).

Buah yang berbentuk bulat lonjong ini mengandung vitamin  C dan E yang tergolong dalam kelompok vitamin antioksiidan, dan juga mengandung gluthatione yang mampu menghambat kanker dengan cara mencegah radikal bebas, menginfiltasi sel dan menjaga keutuhan struktur DNA. Kelebihan buah alpukat menjadikan makanan ini sebagai sumber nutrisi yang sehat bagi bayi, anak-anak, atlet, maupun penderita Diabetes Militus. Selain dikonsumsi daging buahnya, buah alpukat juga membarikan manfaat dalam pengobatan dan kecantikan kulit karena mempunyai daya serap sebagai anti bakteri terhadap Stapylococcus.

Meskipun memberikan banyak manfaat, sebaiknya jangan mengkonsumsi jus alpukat dengan tambahan bahan makanan berupa gula dan susu, Kedua tambahan bahan makanan ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan terjadinya kegemukan.

sumber :
- Agromedia, 2009
- Forum Komunikasi FK Universitas Kristen Maranatha, 2013
- Top fitness foods, 2010

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -