Posted by : Unknown Jumat, 03 April 2015

Sekilas mengenai tanaman mangga dan manfaatnya



Mangga memiliki nama ilmiah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk dalam tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnnya (habitus) termasuk dalam kelompok arboreus yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Tinggi pohon mangga dapat mencapai 10 hingga 40 meter. Mangga merupakan buah tropis yang kehadirannya di dunia perbuahan. Buah ini sangat populer di dunia sehingga banyak yang membudidayakannya. Buah mangga memiliki populeritas lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel. Buah mangga termasuk buah batu yang berdaging dengan memiliki bentuk dan ukuran yang sangat bervariasi mulai dari bulat, bulat telur, hingga lonjong memanjang. Kehadiran mangga di tengah masyarakat tentunya dapat menunjang kehidupan terutama dalam aspek ekonomi dan aspek kesehatan.

gambar 1 : Buah mangga yang masih di pohon
sumber : trtapakistan.org
Manfaat dari buah mangga adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pencuci mulut
Buah mangga umumnya dikonsumsi sebagai pencuci mulut yang segar. Selain di makan secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi sari buah dalam bentuk jus, bahkan ada pula yang mengawetkannya menjadi haban olahan dalam bentuk kalengan dan dikeringkan. Buah mangga pada umumnya terdiri dari 80% air dan 15-20 % gula serta bermacam vitamin antara lain vitamin A, B2,B6 dan C. Vitamin C  dalam buah mangga berkisar 15-80 mg. Buah mangga memiliki kandungan nutris yang diperlukan dalam rangka mendukung kesehatan manusia.

2. Membantu penderita anemia
Kandungan zat besinya yang tinggi baik bagi ibu hamil dan penderita anemia. Mangga dapat memperlancar pencernaan karena mengandung enzim yang membantu mencerna protein,. Mangga kaya akan kalium sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah, Selain itu, mangga juga mengandung pektin.

3. Mencegah terjadinya kanker
Manfaat buah mangga yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya kanker. Penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa pakar menemukan bahwa senyawa antioksidan yang terdapat di buah mangga yaitu fisetin, isoquercitrin, gallic, acid, querticin, astragalin dan methylgallat memiliki khasiat dalam melindungi tubuh terhadapat penyakit kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan leukimia.

4.Menjaga kesehatan kulit
Manfaat mangga juga berguna pada kesehatan kulit yakni mampu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menempel pada kulit. serta menghilangkan jerawat. Perawatan menggunakan buah mangga dapat dilakukan dengan cara menikmatinya secara langsung, dibuat jus atau dioleskan langsung pada kulit kemudian membilasnya menggunakan air yang bersih.

gambar 2 ; Buah mangga yang siap di konsumsi
sumber ; infusedwater.com
5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Salah satu mangga populer di masyarakat yatu mangga gedong. Mangga ini merupakan salah satu sumber terbaik beta karoten, quercetin dan astraganin. Ketiga senyawa ini merupakan antioksidan yang mampu menetralisil radikal bebas. Selain itu mangga gedong juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan mineral. Vitamin A berguna untuk memperbaiki penglihatan dan kesehatan kulit, Vitamin B kompleks berfungsi untuk mengurangi stress. Vitamin C berfungi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem jaringan yang rusak. Vitamin E bermanfaat untuk  memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan kehidupan seksual. Pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa fungsi Vitamin E di ketahui membantu performa dalam meningkatkan hubungan intim karena vitamin tersebut memberikan keseimbangan dalam hal tersebut.

6. Meningkatkan kecerdasan
Pada umumnya buah mangga memiliki manfaaat dalam mempertahankan dan meningkatkan fungsi otak karena memiliki jumlah vitamin B-6 yang berlimpah.

7. Menurunkan kadar insulin dalam darah
Selain daging buahnya yang dimanfaatkan, masyarakat juga mengambil manfaat dari kandungan daun yang dimiliki oleh daun mangga karena dapat menurunkan kadar insulin dalam darah. Hal ini disebabkan oleh kadar glycemin yang terkandung dalam daun ini relatif rendah. Daun mangga juga mengandung senyawa organik terakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis  dengan insulindalam menstimulus sintesis glikogen sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.

8. Meningkatkan pendapatan masyarakat.
Pada bidang ekonomi mangga memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penjualan buahnya, pemanfaatan kayu yang dihasilkan untuk kebutuhan rumah tangga seperti membangun prabot rumah tangga dan kayu bakar. Pemanfaatanya mangga secara sosial mampu menghasilkan oksigen untuk kebutuhan pernapasan makhluk hidup serta mengurangi kadar karbon dioksida yang bertebaran di udara. Hal ini juga menjadikan mangga memberikan perlindungan terhadap makhluk hidup yang berteduh dibawahnya.

Referensi :
Badan Litbang Pertanian, 2015.
Top Fitness Food, 2010
Universitas Negeri Jakarta, 2011

- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -