Posted by : Unknown Kamis, 16 Juni 2016

9 MANFAAT KURMA

Kurma merupakan buah dari tanaman dari keluarga Arecavear yang memiliki biji dengan satu lembaga. Kurma merupakan jenis tanaman palem yang buahnya dapat dimakan karena rasanya manis. Pohon kurma memiliki tinggi sekitar 15-25 meter dan memiliki daun yang menyirip dengan panjang 3-5 meter. Buah kurma memiliki karakter bervariasi antara lain memili berat dua hingga enam puluh gram, panjang 3-7 cm. Buah kurma memiliki konsistensi lunak sampai kering, berbiji dan berwarna kuning kecoklatan gelap dan kuning kemerahan.
gambar 1. buah kurma
sumber: medjoolco.uk
Buah kurma mengandung komponen penyusun buah yang sebagian besar merupakan gula peroksida yaitu kandungan glukosa dan fruktosa sekitar 20 - 70 % dari bobot keringnya. Hal ini menjadikan buah kurma menjadi mudah dicerna dan cepat mengganti energ tubuh yang hilang. Buah kurma mengandung 0,10-0,73 % lemak dan 2- 5 % protein. Jumlah asupan kalori untuk satu uah kuram dengan berat sekitar 9,32 g adalah 23 kalori. Kandungan kalori yang dimiliki oleh buah kurma lebih tinggi dibandingkan dengan gula tebu dengan bobot yang sama. Kandungan yang lain yang dimiliki oleh buah kurma adalah serat pangan sebesar 2 - 12 %.

gambar 2. kurma yang siap panen
sumber : wrir.uc.davis.edu

Berdasarkan kandungan gizi dan karakteristiknya kurma memiliki manfaat diantaranya.

1. Menurunkan kadar gula darah.

Buah kurma yang dikombinasikan dengan yougurt memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh terutama dalam mengatasi indeks glikemik kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena adanya antioksidan yang tinggi yang terkandung dalam buah kurma diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, tanin dan antosianin. Kandungan antioksidan ini membuat buah kurma sangat berpotensi dalam pengembangan produk probioktik yang dapat meningkatkan efektifitas fungsional dari sari  kurma tersebut.

2. Menjaga kesehatan jantung

Buah kurma memiliki kandungan kalium dan serat yang berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium yang telah dicerna akan menstabikan dnyut jantung dan mengaktifkan kontraksi otot jantung sekaligus dapat menurunkan tekanan darah. Selain kalium, kandungan serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Selain membantu mengatasi masalah kesehatan jantung, kandungan serat yang dimiliki oleh buah kurma sangat berguna bagi penderita yang mengalami masalah pencernaan, terutama masalah sembelit dan melancarkan buang air besar.

4. Memperbaiki tulang dan gigi

buah kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium yang sangat berguna dalam menbantu pertumbuhan tulang dan gigi.

5. Mencegah anemia

Buah kurma yang kerng sangat berguna dalam membantu mengatasi masalah anemia yang terjadi pada tubuh. Buah kurma kering mengandung zat besi yang tinggi sehingga mambantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Kurma merupakan salah satu sumber zat besi yang naik bagi tubuh. Adanya zat besi yang terdapat dalam tubuh mampu membantu mengikat oksigen yang terlarut dalam darah

6. Sumber energi bagi ibu yang baru melahirkan

Buah kurma merupakan buah yang memiliki kalori yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga energi yang dikeluarkan oleh ibu yang baru saja melahirkan akan cepat tergantikan. Asupan nutrisi buah kurma mampu menormalkan tekanan darah yang tidak stabil bagi ibu yang telah melahirkan.

7. Sumber energi pada saat berbuka puasa.

Buah kurma mengandung gula alami barupa glukosa, sukrosa, dan fruktosa, Kandungan gula alami ini memiliki nilai kalori yang tinggi serta mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Selain kandungan gulanya, buah kurma juga mengandung mineral dan fitonutrien yang berfungsi mengembalikan staminsa setelah berpuasa seharian.

8. Daunnya dapat dijadikan kerajinan tangan

Selain daun kelapa, daun kurma juga memiliki nilai ekonomis untuk dijadiikan sebagai kerajinan tangan salah satunya adalah atap tempat berteduh. Selain itu, Kandungan serat kasar dari daun kurma memberikan peluang bagi masyarakat untuk menciptakan berbagai anyaman yang memiliki nilai ekonomis.


9. Objek wisata di bulan Ramadhan

Kurma merupakan salah satu buah yang sangat langkah di dunia dan memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh sehingga banyak orang mulai membudidayakannya. Selain menghasilkan buah , hamparan pohon kurma dapat dijadikan objek wisata yang berbeda di bulan Ramadhan.


gambar 3. Ekologi kurma
sumber biosaline.org


Referensi.
Top Fitnes Food, 2010
Universitas Brawijaya Malang, 2014
Universitas Sumatra Utara, 2013


- Copyright © Manfaat Dari Alam - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -